Menguak Spot Goa Hawang Kepulauan Kei

Menguak Spot Goa Hawang Kepulauan Kei

Menguak Spot Goa Hawang Kepulauan Kei Maluku Tenggara

Menguak Spot Goa Hawang Kepulauan Kei – Di kepulauan Kei tepatnya di kota Tual Maluku Tenggara terdapat sebuah tempat wisata yang tersembunyi di dalam hutan.  Dikelilingi bebatuan alam yang sangat besar, Sehingga hawa didalam gua terasa dingin.

Gua yang  air jernih dan dingin ini dinamakan Gua Hawang. Memiliki dalam bahsa indonesianya ” Arwah”. Menurut masyarakat adat setempat, goa hawang ini dihuni oleh makluk halus atau bisa dkatakan setan/hantu.

Dari cerita rakyat yang beredar, di dalam gua ini terdapat pintu. Pintu ini menggambarkan seorang pria berdiri memegang tombak dan dua anjing.

Menurut cerita, pria tersebut pergi berburu babi bersama dua anjing kemudian babi itu tiba-tiba menghilang di dalam gua. Saking lelahnya mengejar buruan akhirnya pria ituhaus dan meminum air gua yang ternyata rasanya pahit. Iapun marah dan melontarkan kata-kata kotor. Penunggu atau penghuni gua itu marah dan mengutuknya menjadi batu.

sekitar 15 meter dari langgur terdapat desa Letvuan dan di desa inilah lokasi dimana Goa hawang ini berada. di bawah Bebatuan stalagtit terdapat sebuah kolam yang memiliki air yang jernih serta mata air yang langsung dari dalam perut bumi sehingga air itu terasa segar dan dingin.

Selain wisatawan lokal yang sering menghabiskan waktu liburan disini. Adapun beberapa wisatawan asing yang datang hanya ingin merasakan kesegaran air goa hawang.

Melalui sungai bawah tanah,air ini mengalir dari tempat pemandian air evu. Wisatawan selalu penasaran dengan lubang-lubang yang saling tersambung antara satu sama lainnya didalam tanah.

Cepat mendapat jodoh dan awet muda merupakan mitos-mitos yang dipercayai masyarakat setempat. Menurut cerita, jika wisatawan ingin awet muda adalah membasuh wajah dengan air dalam goa ini.

” jika berjodoh dengan goa ini,akan ada cahaya yang muncul disaat-saat tertentu” .

Konon Goa ini dipakai sebagai tempat pemujaan dan pertapaan bagi masyarakat yang masih menganut kepercayaan animisme dan dinamisme.

ada sebagian orang yang sering datang pada waktu malam untuk bersemedi sabil membawa persembahan berupa sesajen.

Baca juga : susur Gua Pindul

Share:

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.