Susur Gua Pindul

Susur Gua Pindul

Wisata Susur Gua Pindul

Ada tren wisata baru di daerah selatan Yogyakarta yang sangat terkenal dan memiliki peminat yang sangat banyak yaitu susur gua Pindul. Wisatawan yang datang tidak hanya bersala dari Yogyakarta saja namun juga berasal dari provinsi sekitarnya.

Gua Pindul adalah obyek wisata yang baru diresmikan pada tahun 2010 yang lalu. gua ini sangat menarik karena di di dalamnya dialiri atau dilewati sungai bawah tanah.

Panjang gua Pindul mencapai 300 meter dengan lebar 5 meter. Jarak atap gua dengan permukaan air hanya 5 meter saja. Jadi bila musim penghujan tibu kemungkinan besar objek wisata ini akan ditutup karena kuatir pengunjung akan terjebak didalamnya.

Gua ini cukup terang karena disalah satu sisinya terdapat celah dimana sinar matahari dapat masuk menyinari bagian dalam gua. Celah ini juga kadang-kadang digunakan pengunjung untuk dapat masuk langsung ke dalam kolam yang berada di dalam goa.

Bila berkunjung ke gua Pindul, anda juga bisa mengunjungi situs purbakal Sokoliman yang berda tak jauh dari gua.

Pengelola membagi gua Pindul kedalam 3 kategori tempat. Pertama adalah zona terang. Bagian gua ini cukup terang karena dapat disinari oleh matahari karena terdapat celah yang telah disebutkan diatas. Pengunjung atau wisatawan dapat menyaksikan keindahan gua secara langsung dengan mata telanjang. Di zona ini anda bisa bermain air, berenang atau mengapung di atas air dengan duduk diatas ban.

Zona berikut adalah zona remang. Cahaya matahari yang bisa masuk kebagian ini hanya sedikit dan lebih banyak mendapatkan cahaya dari pantulan air.

Bagian terakhir adalah zona gelap. Pengunjung bila ingin menyusuri bagian gua ini harus menggunakan peralatan lengkap sepertui senter untuk membantu menerangi dan juga melihat dinding gua. Untuk dapat menyusuri gua Pindul dibutuhkan waktu sekitar 45 menit. Ujung gua ini anda akan menemukan sebuah dam atau kolam penampungan yang cukup luas..

Gua disekitar lainnya yang menjadi tujuan wisatawan di Gunungkidul adalah Gua Gajah yang berada di Pedukuhan Lemahbang, Dlingo Bantul. Gua Gajah merupakan sebuah tempat yang digunakan sejak abad 12 sm. Gua ini memiliki panjang 150 meter dan merupakan saksi sejarah.

Baca juga artikel: Tempat Wisata Indonesia

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.